COBA PERUNTUNGAN BISNIS CATERING UNTUK KATEGORI CATERING DAN SNACK DI PADI UMKM DENGAN CARA BERIKUT INI BAGIAN II

Menyiapkan Modal Usaha, Karena Anda sudah mempersiapkan usaha catering dan snack ini dengan cukup matang, kini saatnya untuk mempersiapkan modal usaha. Modal usaha tentunya mengikuti jenis bisnis catering dan snack yang sudah Anda pilih.Semakin banyak modal yang Anda keluarkan, tentunya semakin banyak juga keuntungan yang nantinya akan didapat. Sesuaikan modal dan kemampuan Anda, jangan memaksakan. Jika memang skala usaha catering dan snack Anda masih dalam skala usaha rumahan, ada baiknya gunakan modal yang tidak terlalu besar. Anda bisa sedikit demi sedikit kembangkan bisnis dan juga modal Anda. Tapi ingat, Anda juga harus benar dalam mempertimbangkan modal yang digunakan dan juga keuntungan yang didapatkan, Anda bisa simak tips mengelola keuangan usaha untuk memberikan gambaran bagaimana pengelolaan keuangan usaha Anda.

Melakukan Promosi, Salah satu tips memulai usaha catering dan snack yang paling penting adalah melakukan promosi. Bagaimana orang-orang akan memesan jasa katering Anda jika mereka bahkan tidak tahu mengenai menu-menu yang ditawarkan? Mulailah lakukan promosi sesuai dengan target pasar yang sudah direncanakan dari awal. Jika Anda memilih jenis catering dan snack untuk perusahaan, lakukan promosi di perusahaan. Jika Anda memilih jenis catering dan snack rumahan, Anda bisa mulai mempromosikannya ke tetangga kompleks rumah. Tidak seperti jaman dulu, dimana promosi hanya mengandalkan ‘mulut ke mulut’ saja, sekarang ini Anda bisa memasarkannya di internet dengan pendekatan digital marketing. Anda bisa mulai memasarkan melalui website, media sosial, dan iklan digital. Semakin jauh jangkauan promosi, semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan konsumen. Ingat juga, jika promosi secara online, buat dagangan Anda semenarik mungkin, entah dari foto, kemasan, intinya buat kontennya menarik.

Memperhatikan Rasa Makanan, Tentunya Anda ingin usaha catering dan snack ini terus berjalan bukan? Apalagi jika ada langganan dari klien-klien yang sebelumnya telah memesan terlebih dulu. Tidak hanya penambahan omzet, namun Anda juga akan mendapat koneksi bisnis yang cukup luas. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya Anda harus memperhatikan kualitas dari makanan yang dipasarkan. Minimal, rasa makanan yang disajikan haruslah enak, bergizi, dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Bagusnya lagi, sebaiknya rasa makanan katering yang dipasarkan mempunyai cita rasa yang khas. Dimana hal tersebut bisa menjadi keunikan tersendiri bagi usaha katering yang Anda tekuni.

Memberikan Pelayanan yang Optimal, Jangan hanya produk usahanya saja yang dimaksimalkan, namun Anda sebagai pengusaha juga harus selalu memberikan pelayanan yang optimal. Jika Anda mempekerjakan karyawan, berilah training terlebih dahulu. Jangan sampai karyawan-karyawan yang direkrut tidak memberikan pelayanan yang bagus pada konsumen. Pelayanan yang buruk seperti karyawan yang kurang ramah, makanan pesanan salah, catering dan snack tiba tidak tepat waktu, tentu akan membuat para konsumen berpikir berkali-kali untuk menggunakan jasa Anda kembali.

Pembukuan, Setelah bisnis catering dan snack Anda berjalan, jangan sampai lupa untuk melakukan pembukuan berkala. Hal ini sangat penting. Dengan melakukan pembukuan, Anda bisa mengetahui untung-rugi dari usaha. Setiap transaksi yang dilakukan juga dapat tercatat dengan baik, sehingga memudahkan ketika Anda melakukan auditing perusahaan. Jangan heran, saat ini banyak sekali pengusaha muda yang sering mengabaikan pembukuan, hasil akhirnya pencatatan keuangan tidak tercatat dengan baik, itu bisa menghancurkan usaha yang sedang ditekuni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *