Tips Mendapatkan Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

 

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil akan sangat bermanfaat bagi perkembangan janin. Semakin besar usia kandungan akan membuat Anda semakin sulit untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur dengan mudah.

  1. Bantal Hamil

Salah satu rekomendasi posisi tidur adalah dengan menyamping untuk bisa mendapatkannya Anda bisa menggunakan bantal hamil. Bantal yang memang dirancang secara khusus untuk ibu hamil yang bisa menopang perut Anda dan membuat posisi lutut menjadi nyaman.

Tidur dengan menggunakan bantal hamil juga membantu menjaga bagian punggung bawah Anda agar tidak terasa pegal. Bentuk dan ukuran bantal ini memang sesuai untuk ibu hamil, apa lagi buat Anda yang tinggal terpisah dengan suami karena berbeda lokasi pekerjaan.

Anda tinggal mencari bantal yang bahannya empuk dan tidak gerah saat digunakan. Bisa didapatkan di toko perlengkapan ibu dan bayi atau bisa mencarinya di toko yang menjual berbagai jenis bantal secara online ataupun offline.

  1. Kursi Tidur

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil pilihan lainnya dengan tidur setengah duduk. Anda bisa mendapatkan posisi tidur ini dengan menggunakan kursi tidur. Sudah banyak sekarang jenis kursi atau sofa yang bisa digunakan untuk tidur setengah duduk.

Anda bisa tidur siang ataupun malam hari dengan lebih nyaman dan aman bagi kesehatan janin. Biasanya posisi ini sangat membantu di kehamilan yang sudah memasuki trimester tiga. Anda bisa memilih kursi yang empuk dan tentunya tidak membuat Anda merasa gerah.

  1. Banyak Bantal

Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat tidur dengan posisi menggunakan banyak bantal. Di mana posisi bantalnya ditaruh di kaki sesuai kenyamanan, biasanya dengan menyangga bagian kaki atas akan membuat Anda nyaman.

Buat Anda yang memiliki masalah asam lambung, bisa menggunakan bantal dengan meletakkannya di bagian tubuh atas untuk menopang, namun atur posisi tulang belakang Anda agar tidak terlalu melengkung yang tidak baik bagi ibu hamil.

  1. Olahraga

Kenyamanan posisi tidur juga bisa didapatkan dengan melakukan olahraga secara rutin. Aktivitas ini akan membantu Anda untuk bisa tidur lebih mudah di malam hari dan lebih nyenyak. Salah satu yang mengganggu tidur ibu hamil adalah kaki kram, maka olahraga secara rutin akan mencegah timbulnya masalah ini.

Anda tinggal melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi kehamilan agar tetap aman dan tidak membahayakan janin. Yoga merupakan salah satu pilihan olahraga untuk ibu hamil yang aman di semua usia kehamilan.

Selain posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, jam tidur yang cukup juga perlu dilakukan. Pastikan Anda tidak begadang karena tidur tepat waktu akan membantu menjaga stamina dan kondisi kesehatan agar tetap aman. Selain itu, relaksasi bisa menjadi upaya lain untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *