SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TELEVISI DI INDONESIA

 

Teleisi merupakan media hiburan modern yang sudah ada di Indonesia sejak 1962 di stasiun televise nasional yaitu TVRI. Televisi menjadi media hiburan dan perkembangan berita yang sangat berdampak besar pada peradaban masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan Televisi merupakan media informasi terbesar pada masanya sesudah media cetak. Televisi juga ikut serta dalam memberikan infromasi yang bermanfaat sehingga berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. Selain itu televise juga memiliki sejarang yang sangaty panjang hingga akhirnya bermunculan stasiun televisi lainnya dengan tayangan yang lebih bervariasi.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 1962 TVRI resmi menjadi stasiun televise nasional pertama yang ada di Indonesia. Hingga saat ini TVRI masih aktif di dalam media informasi dengan menyiarkan program acara nasional seperti memperingati Hari ulang tahun republik Indonesia dan ASIAN Games mulai pada tahun `1962. Tak bisa dipungkiri bahwa TVRI adalah stasiun televise pertama yang merajadi di tanah air dan mulai mengembangkan stasiun televisinya di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Makassar, Medan, Balikpapan dan Palembang.

Munculnya Stasiun Televisi Swasta

Dikutip Berita Teknologi Terbaru hari ini, Pada tahun 1989 yaitu pertama kalinya stasiun televise swasta turut serta dalam meramaikan media hiburan dan informasi di Indonesia. Hal ini dipicu karena besarnya peluang bagi pihak swasta yang melihat perkembangan TVRI begitu pesat. Stasiun televise swasta pertama yaitu Rajawali Citra Televisi atau yang biasa dikenal sebagai RCTI. RCTI yang saat itu menjadi stasiun televisi swasta pertama dipegang oleh anak Presiden RI ke-2 yaitu Bambang Trihatmojo yang pada saat itu presiden Soeharto masih aktif menjadi presiden. Hal ini sekaligus membuat RCTI menjadi stasiun televise swasta pertama yang mencakup area Nasional. Hingga saat ini RCTI masih menjadi salah satu stasiun televise swasta yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan RCTI sangat mengikuti perkembangan zaman dan saat ini pun RCTI memiliki program siaran langsung atau LIVE yaitu RCTIPLUS.

Tepat pada tanggal 24 Agustus tahun 1990 muncul stasiun televise ketiga yaitu Surya Citra Televisi atau yang lebih dikenal dengan nama SCTV. Sebelumnya SCTV memiliki nama pertama yaitu SCTI atau Surabaya Centra Televisi namun kemudian berubah menjadi SCTV. Hingga saat ini pun SCTV masih menjadi stasiun televise yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena memiliki program yang bervariasi. Setelah kemunculan RCTI dan SCTV sebagai stasiun televise swasta yang pertama merajai media tanah air, banyak bermunculan stasiun Televisi swasta lainnya seperti TPI, Indosiar, ANTV, Trans TV, Metro TV, Global Tv, Ltivi dan TV7.

Namun dari banyaknya stasiun Televisi di atas  ada beberapa stasiun televise yang mengganti namanya atau berganti muka seperti Lativi yang berganti nama menjadi Tvone. Kemudian TPI yang berganti nama menjadi MNCTV, dan yang terakhri TV7 yang berganti nama nenjadi Trans 7. Saat ini semua televise seolah sejajar atau sama karena hampir semua stasiun televise memiliki acara TV yang lengkap seperti program berita yang mencakup seluruh informasi sistematis di Indonesia, program hiburan, iklan dan masih banyak tayangan lainnya. Bahkan saat ini ada beberapa televise yang sudah menayangkan acara bergengsi seperti F1, Moto GP, WWE, Hollywood, Disney,dan liga sepak bola bergengsi seperti Serie A.

Nah itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai sejarah singkat perkembangan televise di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *