Ini Dia 3 Jenis Murai Batu yang Cocok Dijual Harga Tinggi

Bagi Anda yang hobi mengoleksi burung, pasti Anda tidak asing lagi mendengar burung jenis Murai Batu. Burung ini tinggal di beberapa wilayah Indonesia. Tinggalnya burung ini pada suatu wilayah, menyebabkan burung ini dinamakan sesuai nama wilayah tersebut. Salah satunya adalah yang ada di Medan, maka namanya adalah Murai Medan. Burung ini memang terkenal dengan harga yang tinggi. Namun, tahukah Anda ada jenis lainnya dari burung jenis Murai ini? Ini dia informasinya.

1.      Murai Medan

Burung Murai Medan adalah salah satu dari jenis burung Murai yang tinggal di Medan dan burung paling terbaik kategori burung hias di Indonesia. Burung jenis ini adalah burung jenis Murai yang paling diburu oleh para kolektor burung.

Tujuannya pun beragam, ada yang digunakan sebagai koleksi saja, ada juga yang dijual lagi. Pada daerah Medan yang berada pada pelosok desa-desa, masyarakatnya banyak yang memburu hewan mungil ini untuk dijadikan indukkan. Hasil dari indukkan ini, akan dijual dengan harga yang lumayan tinggi juga.

Sebutan Medan ini banyak mengandung kontroversi di kalangan masyarakat. Ada yang menyebut Medan adalah nama daerah di mana burung ini tinggal, ada pula yang menyebutkan asal mula penemuan burung ini adalah raja Medan.

Pada dasarnya, burung jenis ini berada pada beberapa wilayah di Indonesia. Tidak hanya di Medan, namun ada juga yang bisa Anda temukan di daerah Jawa dan daerah lainnya. Asal Anda mengerti mengenai cirinya, maka Anda bisa membawanya pulang.

2.      Murai Malaysia

Sesuai dengan namanya, burung jenis ini kebanyakan berdomisili pada negara Malaysia. Tapi, Anda juga bisa menemuinya diberbagai negara tetangga, misalnya Thailand, Singapura, Filipina bahkan Indonesia. Tampilannya pun tak jauh beda dengan Murai Medan dan ada juga sebagian dari burung jenis ini yang juga hampir sama dengan Murai Borneo.

Apabila Murai Medan memiliki panjang ekor sekitar 30cm, lain hal dengan burung ini. Burung jenis Murai Malaysia ini memiliki ekor hingga mencapai 36cm. Sekilas, tampilan dari ekor ini begitu panjang menipis namun juga terlihat sangat lentur. Namun, panjangnya ekor yang burung ini miliki, membuat burung ini memiliki stamina yang kurang bagus dan jauh jika dibandingkan dengan burung jenis Murai Medan.

Postur tubuhnya pun terbilang lebih bantet dan besar jika dibandingkan dengan burung jenis Murai Medan dan memiliki corak warna tubuhnya yang hampir sama dengan burung jenis Murai Medan. Selain itu, suara dari kicauan burung ini terdengar sangat lantang dan sangat keras. Burung ini termasuk salah satu burung yang pintar, karena burung ini juga dapat menirukan suara-suara yang ada di dekatnya, termasuk suara manusia dan suara burung lainnya.

Meski dapat menirukan suara apapun yang ada disekitarnya, burung jenis Murai Malaysia ini tidak terlalu kuat saat berkicau. Jika Anda membawanya dalam pertandingan atau turnamen, maka Anda harus siap-siap kecewa. Pasalnya saat berkicau, burung jenis ini akan berhenti sejenak di tengah kicauannya. Hal ini disebabkan energi yang dimiliki burung ini cepat terkuras dan kekuatannya tidak terlalu baik daripada burung jenis Murai Medan.

Sekalipun gagal dalam hal segi suara, Anda bisa memaksimalkan dalam hal segi tampilan. Kombinasi warna pada bulu burung jenis Murai Malaysia ini, terbilang cukup bagus. Apabila Anda ingin membawanya pada pertandingan, Anda bisa merawat burung jenis ini dengan maksimal.

3.      Murai Lampung

Masih berada pada sekitar wilayah Sumatera. Burung ini adalah salah satu jenis burung yang memiliki kekuatan terbaik daripada burung jenis lainnya yang berdomisili di daerah Sumatera. Jika disandingkan dengan burung jenis Murai Medan, burung ini memiliki ekor yang terlihat lebih pendek.

Apabila Anda membawa burung ini pada pertandingan, bisa dibilang burung ini akan masuk nominasi. Pasalnya, suara kicauan yang dihasilkan dari burung jenis ini akan mengeluarkan suara yang luar biasa, bagus, indah bahkan bisa mengulang nada suara yang sama.

Anda tidak perlu khawatir dengan staminanya. Burung jenis Murai Lampung ini termasuk jenis burung yang kuat dalam berkicau. Jadi, Anda tidak usah khawatir untuk membawanya berlomba dan berhenti di tengah kicauannya. Namun, ada satu sisi saat burung ini berlomba dengan burung jenis lain dengan suara yang tidak setara, maka burung jenis Murai Lampung ini akan takut dan langsung bernyali ciut saat berhadapan pada situasi seperti ini.

Sekalipun setiap burung memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, burung dengan jenis Murai adalah burung yang paling banyak peminatnya namun juga sedikit langka. Oleh sebab itu, harga jual burung jenis ini semakin tinggi. Anda bisa melihat informasi lainnya pada laman berfaedah.com agar mendapatkan informasi-informasi terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *