Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Jauh Lebih Awet

Cara merawat baterai laptopMungkin anda pernah melihat latop teman anda tiba-tiba mati padahal notifikasinya masih 40%, atau sudah ada tanda silang merahnya pada notifkasi baterai. Atau hal ibarat ini  pernah terjadi pada laptop anda sendiri? Baterai laptop intinya memang mempunyai masa pakai kurang lebih selama 5 tahun, habis dari masa pakai ini maka baterai laptop akan mengalami suatu kondisi yang disebut “aus”. Aus yaitu kondisi dimana baterai laptop sudah tidak berfungsi lagi dan perlu di ganti dengan yang baru. Biasanya tanda-tanda aus ini sanggup diidentifikasikan ketika ketika laptop sedang digunakan kurang dari 30 menit tiba-tiba mati, atau sudah muncul tanda silang merah yang ada di notifikasi baterai. Walaupun keadaan aus ini di akibatkan alasannya yaitu masa pakai baterai yang sudah lewat atau kadar luarsa, tetapi hal ini juga sanggup terjadi alasannya yaitu pemakaian dan pengisian daya yang salah pada baterai laptop. Oleh alasannya yaitu itu, anda disarankan untuk lebih memperhatikan dalam merawat baterai laptop biar lebih baka atau tahan lama. Lalu bagaimana tips yang baik untuk merawat baterai laptop? Sebenarnya menjaga kondisi baterai laptop biar ebih tahan usang tidaklah sulit. Nah, di sini akan dijelaskan bagaimana cara yang sempurna untuk merawat baterai laptop anda.

Adapaun cara merawat baterai laptop yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk laptop yang masih baru, pastikan bahwa anda selalu mengisi daya nya hingga full charged (100%). Hal ini bertujuan biar pengukur baterai laptop (Baterry Gaug) bekerja secara optimal dan normal. Dan untuk menghindari terjadinya eror pada baterai laptop.
  2. Selalu Isi daya baterai laptop anda hingga penuh, dan mengisi ulang daya baterai ketika notifkasi baterai mengambarkan angka 10%. Angka ini umumnya berlaku untuk notifikasi baterai yang ada pada semua laptop, ibarat yang berbasis windows 7, windos xp, window 8 dan linux.
  3.  Hindari pemakaian laptop ketika baterai sedang diisi. Karena hal ini merupakan salah satu penyebab yang mengurangi daya tahan baterai, apalagi kalu di charge sambil digunakan untuk bermain game.
  4. Jika anda tidak akan menggunakan laptop dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya keluarkan baterai dari casenya. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ketika baterai dikeluarkan dari casenya, daya baterai harus tersisa kurang lebih 40%. Hal ini bertujuan agar, ketika suhu ruangan cuek cairan yang ada di dalam baterai tidak membeku.
  5. Anda sanggup menggunakan software Battery Care yang sanggup anda download gratis. Untuk menggunakan software ini, silahkan anda instal di laptop anda. Perangkat lunak ini berperan dalam menjaga kestabilan pengukur baterai biar tetap akurat. Perlu anda ketahui bahwa masa perputaran charging baterai laptop yaitu kurang lebih sebanyak 300 kali, jikalau pengisian daya baterai laptop sudah mencapai angka ini maka keakuratan notifikasi baterainya akan terus menurun, misal notifkasi mengambarkan 50% yang seharusnya baterai sanggup bertahan selama 2 jam, namun laptop datang tiba mati dalam waktu 30 menit.
Nah itulah cara merawat baterai laptop biar lebih tahan lama. Cukup gampang dan bermanfaat untuk merawat baterai laptop. Semoga cara-cara di atas sanggup membantu anda mengurangi duduk perkara pada baterai laptop anda.